Manfaat dan Khasiat Tumbuhan bandotan

tanaman obat indonesia
Tumbuhan Bandotan

Artikel ini membahas tentang :
  • Manfaat dan khasiat tumbuhan Bandotan
  • Daun Bandotan
  • Kandungan Bandotan
  • Nama Lain Bandotan
  • Cara Pengolahan
  • Contoh Pemakaian Daun Bandotan


Sinonim A. ciliarte Lour. ( Non Linn ), A.cordifolium roxb.
Suku = copositae (asteraceae ).

Nama Daerah :
Sumatra : Bandotan, daun tombak, siangit, tombak jantan, siangik kahwa, rumput tahi ayam,
jawa :  babadotan, b.leutik,babandotan,b. beureum, b.hejo, jakut bau, ki bau, bandotan, berokan, wedusan, dus wedusan, tempuyak.
Sulawesi : dawet , lawet, rukut manooe,r. weru,sopi.

Nama asing : Sheng hong ji (C) , bulak manok (Tag), ajganda ,sahadevi (IP), billy goad weed, white weed, bastard agrimony (I), celestine, eupatoire bleue.

Nama simplisia : Agirati Herba ( herba bandotan), Agerati Radix ( akar bandotan).

Ciri Khas "Bandotan"
Tumbuhan bandotan berasal dari wilayah bagian amerika tropis, Di indonesia bandotan merupakan di kenal sebagi tumbuhan liar dan lebih di kenal sebagai tumbuhan pengganggu ( gulma ) di kebun dan di ladang.

Tumbuhan ini dapat juga di temukan di perkarangan rumah, tepi jalan, tanggul, tepi sungai, dan di sekitar aliaran air pada ketinggian 1-2.100 m di atas permukaan laut ( dpl ). Jika daunnya layu dan membusuk tumbuhan ini akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Bandotan tergolong ke dalam tumbuhan terna musim, tumbuh tegak atau bagian bawahnya ber baring, tinggi tumbuhan ini sekitar 30- 90 cm dan bercabang. Batang bulat berambt panjang, jika menyentuh tanah akan mengeluarkan akar. 

Daun bertangkai letaknya saling berhadapan dan bersilang (compositae), helaian daun bulat telur  dan pangkal membulat dan ujung runcing, tepi bergerigi, panjang 1- 10 cm, lebar 0,5-6 cm, kedua permukaan daun berambut panjang dengan klenjar yang terletak di permukaan bawah daun, warnanya hijau. 

Bunga majmuk berkumpul tiga atau lebih, berbentuk mali yang keluar dari ujung tangkai, warnanya putih.Panjang bonggol bunga 6-8mm, dengan tangkai yang berambut.Tumbuhan bandotan dapat di perbanyak dengan biji.

Sifat Dan Khasiat Bandotan
Herba ini rasanya sedikit pahit,pedas dan sifatnya netral. Bandotan berkhasiat stimulan, tonik, pereda demam (anti piretik),anti toksik, menghilangkan pepbengkakan pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan, menghentikan peredaran darah ( hemostatis),peluruh haid (emenagog), peluruh kencing( deuretik), dan peluruh kentut (karminatif). Daun bandotan dapat di gunakan puula sebagai indektisida nnabatu.

Selain Ageratum Conyzoides L.,terdapat bandotan varietas lain yang mempunyai khasiat yang sama, yaitu Ageratum haoustonianum mill.

Kandungan kimia
Tumbuhan bandotan memiliki banyak kandungan bahan kimia yaitu asam amino,organacid ,pectic substance, minyak asiri kumarin ageratochromene, fredelin, B-sitosterol,stigmaterol,tanin,sulfur,dan passium chlorida. Akar bandotan mengandung minyak asiri, alkoloid,dan kumarin.

Bagian yang di gunakan
Tidak semua bagian tumbuhan ini bisa di gunakan sebagai obat anmun ada beberapa bagian yang bisa di gunakan untuk obat adalah herba ( bagian yang di atas tanah )dan akar. Herba yang di gunakan berupa herba segar atau yang telah di keringkan.

Indikasi Manfaat 
Tumbuhan ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit yang di derita olehmanusia, dan berkahsiat untuk pengobatan :
  • Demam,malaria,
  • Sakit tenggorokan, radang paru-paru
  • Sakit radang telinga tengah
  • pendarahan, seperti pendarahan rahim, luka berdarah, dan mimisan
  • diare, disentri
  • mulas ( kolik ), muntah, perut kembung,
  • keseleo, pegal inu,
  • Mencegah kehamilan
  • badan lelah sehabis bekerja berat,
  • produksi air seni sedikit
  • tumor rahim dan
  • perawatan rambut
Akar berkahasiat untuk mengobati atau mengatasi :
  • ·       demam
Cara Pemakaian
Untuk obat yang di minum cara pemakaiannya yaitu dengan merebus 15-30 g herba kering atau 30-60 herba segar sampai mendidih lalu diamkan sampai keadaan air anget- anget kuku, lalu peras air perasannya lalu di minum setiap hari secara teratur.

Adapun untuk pemakain luar seperti pembengkakan pada kaki, tangan cara penyajiannya yaitu dengan menumbuk herba segar sampai halus. Selanjutnya , campurkan minyak sayur sedikit dan aduk sampai rata,lalu bubuhkan pada luka yang masih baru seperti bisul, eksim, dan Penyakit kulit lainnya seperti kusta/lepra atau bagian yang bengkak.

Cara lain yatu dengan menggiling herba kering menjadi serbuk, lalu tiupkan ke kerongkongan pada penderita yang sakit tenggorokan. Selain itu, daun segar dapat di seduh dan air seduhannya dapat di gunakan untuk membilas mata,sakit perut, dan mencuci luka.

Efek Farmakologis dan hasil penelitian
  1. Ekstrak daun bandotan ( 5% dan 10% ) dapat memperpanjang siklus birahi dan memperlambat perkrkmbangan folikel mencit betina (vir-gin dan non vir-gin). Namun tidak berefek pada uterus ,vagina, dan liver. Setelah masa pemulihan , siklus birahi dan perkembangan folikel kembali normal. Tidak ada perbedaan efek antara mancit virgin dan non virgin selama perlakuan. ( Yuni Ahda,JF FMIPA UNAND, 1993 ).
  2. Ekstrak daun bandotann dalam minyak kelapa dosis 20% tidak memberikan efek penyembuhan pada penyembuhan luka. Namun pada dosis 40% dan 80% dapat menyembuhkan luka secara nyata sesuai dengan peningkatan dosis. Bahkan efek penyembuhan luka pada dosis 80% tidak berbeda nyata dengan yodium povidon 10% ( Eliza Magdalena, JF FMIPA UI,1993 )
Contoh pemakaian
  • ·   Sakit telinga tengah akibat radang
Untuk penyakit ini anda bisa enggunakan daun bandotan dengan cara mencuci herba bandotan segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Hasilnya, peras dan saring. Gunakan air perasan yang terkumpul untuk obat tetes telinga. lakukan empat kali, setiap kali pengobatan sebanyak dua tetes.



  • Luka Berdarah , bisul,eksim
cuci herba bandotan segar secukupnya sampai bersih,lalu tumbuk sampai halus. Turapkan ramuan ke bagian tubuh yang skait, lalu balut dengan perban. Dalam sehari, ganti balutan 3-4 kali. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh.
  •      Bisul,borok
Cuci satu tumbuhan herba banddotan segar sampai bersih. Tambahkan sekepal nasi basi dan seujung sendok teh garam,lalu giling sampai halus. Lalu turapkan taburkan ke te tempat yang sakit, lalu balut dengan perban.
  •     Rematik, Bengakak karna keseleo
Sediakan satu genggam daun dan batang muda tumbuhan bandotan segar,satu kepal nasi basi dan ½ sendok teh garam.Selanjutnya,cuci daun dan batang muda sampi bersih,lalu tumbuk bersamanasi dan garam.Setelah menjadi adonan seperti bubur kental,turapkan atau taburkan ke bagian sendi yang bengkak sambi di balut dengan perban, biarkan selam 1-2 jam, lalu lepaskan balutan, Lakukan perawatan ini 2-3 kali sehari.
  • ·   Pendarahan rahim,sariawan, bisul, Bengkak karna memar
Rebus 10-15 g herba bandotan dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas air rebusan. Setelah dingin saring dan minum air saringan satu  gelas sehari setiap hari secara teratur.
  • ·   Tumor rahim
Rebus 30-60 daun bandotan kering segar atau 15-30 herba kering dalam tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas air rebusan. Selain di rebus herba segar dapat di tumbuk. Air rebusan atau air perasannya di munum satu gelas perhari secara teratur.
  • ·   Sakit tenggrokan
1. Cuci 30-60 g herba bandotan segar sampaibersih, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, peras dan saring. Tambahkan larutan gula batu atau gula pasir ke dalam air perasan secukupnya dan aduk sampai rata.Minum ramuan dan lakukan 3 x sehari.
2. cuci daun bandotan  secukupnya, lalu jemur sampai kering.Selanjutnya, giling sampai menjadi serbuk. tiupkan serbuk ke dalam tenggorokan penderita.
  • ·   Malaria, infuenza
rebus 15-30 g herba bandotan kering dalam dua gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. setelah dingin saring dan minum sekaligus, lakukan dua kai sehari secara teratur.
  • ·   Perut kembung, mulas, muntah
Cuci satu buah tumbuhan bandotan ukuran sedang sampi bersih,lalu potong- potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih sampai menjadi 3 gelas air perasan.Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. lakukan pengobatan ini 2-3 kali sehari sampi sembuh.
  • ·   Perawatan rambut
Cuci, daun dan batang bandotan segar sampi bersih, lalu tumbuk sampi halus. Oleskan hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan sepotong kain. biarkan selama 2-3 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan air hangat dan keramas sami bersih. lakukan perawatan rambut ini satu sampi dua minggu sekali.

Catatan
Ibu hamil di larang meminum rebusan tumbuhan obat bandotan karena dapat menyebabkan keguguran.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat dan Khasiat Tumbuhan bandotan"

Posting Komentar