Manfaat Tumbuhan Biduri

Manfaat  tumbuhan biduri
BIDURI (Collotropis gigantea )
“Manfaat dan khasiat  tumbuhan biduri” Biduri atau widuri adalah sebuah tumbuhan obat yang banyak di temukan di daerah bermusim kemarau panjang seperti padang rumput yang kering, lereng-lereng gunung yang rendah dan pantai berpasir. Biduri atau Widuri memiliki banyak khasiat dan manfaat, yaitu sebagai pengobatan alami. Batang biduri, akar biduri, daun biduri, bunga biduri, dan getah biduri, semua memiliki manfaat bagi pengobatan.

Ciri – ciri  Tumbuhan Biduri

Biduri merupakan semak tegak, dengan tinggi 0,5-3 meter. Batang bulat ,tebal ,ranting muda berambut tebal berwarna putih. Daun tunggal, bertangkai pendek , letak berhadapan. Helayan daun berbentuk bulat telur atau bulat panjang, ujung tumpul,pangkal berebentuk jantung, tepi rata, pertulangan menyirip panjangnya 8-30 cm, lebar 4-15 cm, berwrna hijau muda. 

Permukkan atas helain daun muda berambut rapat berwarna putih (lambat laun menghilang). Sedangkan permukaan bawah tetap berambut tebal berwarna putih,. Bunga majmuk dalam anak payung, di ujung atau ketiak daun.

Tangkai bunga berambut rapat, mahkota bunga berbentuk kemudi kapal,berwarna lila, kadang-kadang putih. Buahnya bbuah bumbung  berbentuk bulat telur  atau bulat panjang , Pangkal buah berupa kaitan  panjang 9-10 cm, berwrna hijau . Bijinya kecil lonjong, pipih, berwarna coklat.

Jika salah stu bagian tumbuhan di lukai, maka akan mengelauarkan getah berwarna putih, encer, rasanya pahit dan kelat,lama- kelamaanterasa manis baunya sangat menyengat,dan beracun,kulit batang biduri mengandung bahan serat yang dapat di gunakan untuk membuat jala. Biduri daoat di perbanyak dengan biji.

 tumbuhan biduri dan manfaatnya


NAMA- NAMA LAIN BIDURI,WIDURI
Suku asclepiadaceae.
Sinonim : Gigantae R.Br., Asclepias Gigantae Willd.
Nama  Daerah :
Sumatra : rubik, biduri, lembega, rembega, rumbigo, Jawa : babkoan, badori, widuri, saduri, sidoguri, bidhuri, burigha. Bali: Manori, maduri. Nusa tenggara : Muduri, Rembiga, kore,krokoh, kolunsusu,modo kapauk, modo kampauk.Sulawesi :  Rambega.
Nama asing : kapal- kapal, mudar plant, gian milk weed.
Nama Latin / ilmiah : Colotropidis Cortex Radicis ( kulit akar biduri)


Sifat Dan Khasiat Biduri

Kulit akar biduri berhasiat kolagoga,peluruh keringat, peransang muntah,memacu kerja enzim pencernaan,dan peluruh kencing,Kulit kayu biduri berkhasiat ematik,Bunga berkhasiat tonik, dan menambah nafsu makan.

Daun berkhasiat rubifasien dan menghilangkan gatal. Getahynya beracun dan dapat menyebabkan muntah. Namun berkhasiat sebagai obat Pencacar.

Kandungan kimia

Akar mengandung saponin,sapogenin,kalotropin,kalotoksin,uskarin,kalaktin,gigantin,dan harsa.Daun mengandung saponin Flavonoida, polifenol,tanin, dan kalsium oksalat. Batang mengandung racun jantung yang menyerupai  digitalis.

Dalam proses pengobatan Bagian yang di gunakan tumbuhan yang di gunakan adalah kulit,akar,daun,getah,dan bunga.

Indikasi Penyakit
Kulit akar Biduri digunakan untuk pengobatan :
  • Demam
  • perut terasa penuh,
  • Kaki pegal dan lemas,
  • gigitan ular beracun,
  • borok kronis, dan
  • penyakit kulit lainnya

Daun Biduri di gunakan untuk pengobatan:
  • Kudis, luka,borok, sariawan,
  • gatal pada cacar air
  • campak,
  • batuk.

Bunga Biduri di gunakan untuk pengobatan :
  • Radang lambung
  • batuk, sesak napas,
  • sifilis skunder
  • kencing nanah
  • dan kusta (lepra )

Geta Biduri di gunakan untuk pengobatan :
  • Bisul,eksim
  • pembesaran kelenjar getah bening
  • luka pada sifilis
  • luka di kaki
  • sakit gigi dan
  • mencabut duri yang menusuk di kulit.

Cara Pengolahan

cara pengobatan dengan tumbuhan biduri

Untuk Obat yang di minum, yaitu dengan merebus 0,1-0,65 g kulit akar,lalu di minum. Untuk pemakaian luar dapat di lakukan dengan, layukan daun segar secukupnya lalu tambahkan kapur sirih dan giling sampai halus. 

Selanjutnya lumurkan ramuan ke bagian tubuh yang terkena penyakit kudis.Untuk sakit perut maka layukan daun biduri dengan api, maka akan keluar minyak di atas permukaan daun biduri lalu oleskan pada perut yang sakit aatu dengan menempelkan daun di atas perut. 

Untuk sakit telinga, pengobatan di lakukan dengan menumbuk daun muda biduri sampai halus, lalu peras. Air perasannya di teteskan pada telinga yang sakit secukupnya. Untuk penyakit luka atau borok maka lakukan pengobatan dengan menggiling daun biduri kering sampai halus lalu taburkan serbuk apada bagian yang luka atau borok.

Jika anda tertarik dengan pengobatan dengan menggunakan Tumbuhan Biduri maka kami sarankan kpada anda untuk membaca artikel ini sampi akhir karana segala sesuatu punya efeksamping. Agar tidak terjadi hal- hal yang tidak kiata inginkan.

Baca juga


Contoh Pemakaian untuk beberapa penyakit :
  • Penyakit Gastritis

untuk penyakit ini pengolahan dengan memcuci 1/3 genggam bunga biduri, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa kira- kira 2 ¼ gelas. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Selanjutnya, ramuan siap untuk diminum. Untuk proses pengobatan, Minum ramuan ini sebanyak ¾ gelas. sehari tiga kali sampai sembuh.
  • Penyakit Lepra

Untuk pengobatan pada penyakit lepra dapat di lakukan dengan, merebus 0,1 g bunga kering dalam 3 gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas air rebusan. Setelah dingin minum air saringannya satu gelas sehari secara teratur sampai sembuh.
  • Penyakit Sifilis ( kencing nmanah )

penyakit ini merupakan penyakit yang di sebabkan keseringan jajan sex bebas tanpa pengaman, oleh karna itu penyakit ini dapat di sembuhkan dengan cara merebus 0,1 g bunga kering dalam 3 gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas air rebusan. Setelah dingin minum air saringannya satu gelas sehari secara teratur sampai sembuh.
  • Di Gigit ular Beracun

Cuci akar biduri sebesar 1 jari sampai bersih, lalu kunyah dan airnya di telan, lalu ampasnya di gunakan untuk menutup bekas luka gigitan ular tersebut.
  • Kaki pegal dan lemas

Jika anda merasa kaki tersa pegal dan lemas maka buatlah ramuan dari akar biduri dengan cara ,cuci akar biduri secukupnya sampai bersih, lalu tumbuk akar biduri tersebut sampai halus, tambahkan tepung beras ( sama banyak ) dan aduk sampi rata. Lalu Gosok ramuan pada bagian kaki yang asakit. lakuakan proses pengobatan secara beberapa hari.
  • Bisul

Untuk penyembuhan luka bisul dapat di lakukan dengan menggunakan getah tumbuhan biduri dengan cara, Menetaskan getag buah di atas permukaanluka bisul yang membandel.
  • Luka sifilis dan kaki

Cuci luka- luka pada sifilis dan kaki, lalu oleskan getah biduri pada bagian luka tersebut.
  • Tertusuk duri halus

teteskan getah biduri pada bagian yang tertusuk duri. Seacara lansung, getah akan mengeluarkan duri dari dalam kulit dengan sendirinya,, aijab bukan..??
  • Pembesaran kelenjar getah bening

untuk penyakit ini bisa kita gunakn getah biduri dengan cara mengoleskan getah tumbuhan biduri pada kelenjar yang ,membengkak dengan getah biduri.
  • Sakit gigi

Semua orang pasti pernah merasakan sakit gigi, entah bagaimana kenikmatan yang di rasakan ketika gigi kita sakit. mungkin kita akan memilih sakit hati ketimbang sakit gigi,,
baik untuk pengobatan sakit gigi dapat kita lakukan dengan cara mengoleskan getah biduri pada gigi yang sakit. Adapun cara pengolesan harus dengan hati- hati jangan sampai getah biduri terkena gigi yang sakit.
  • Batuk dan sesak napas

tuhan menurunkan penyakit beserta obatnya, begitupun dnegan penyakit batuk dan sesak napas. Untuk pengobatan penyakit batuk dan sesak napas sangat lah mudah cukup dengan mencari daun biduri kering, lalu bakar dan hirup asap nya.. Cukup mudah bukan..??
  • Sariawan

Sariawan, penyakit kecil tapi dampaknya cukup besar, mengapa ..? karna sudah pasti keti anda sakit sariawan so pasti makan tidak enak, tera perih. untuk sakit sariawan dapat di lakukan pengobatan dengan  cuci daun biduri secukupnya sampai bersih, tumbuk sampai halus, kemudian di peras, oleskan air perasan pada bagian yang sariawan.
  • Campak

penyakit campak, bukan penyakit di campakkan oleh kekasih, tapi campak adalah penyakit kulit.  Untuk kasus ini dapat kita lakukan pengobatan dengan cara ,mencuci ¼ genggam daun biduri, ¼ genggam daun asam muda, dan rimpang kunyit sebesar ½ jari. lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air masak dan satu sendok makan madu, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya ramuan di saring dan air saringannya di minum, Kakukan pengobatan ini dua kali sehari sampai sembuh.
  • Sakit Telinga

Cuci daun muda sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus, selanjutnya peras dan saring. Lalu air saringanya di teteskan pada  bagian telinga yang sakit.Lakukan pengobatan ini 3-4 kali sehari.
  • Kudis

Cuci satu genggam daun segar sampai bersih, lalu bilas sampai bersih, lalu bilas dengan air matang. Layukan daun biduri tersebut di ats apai, lalu tumbuk dan tambahkan ¼ sndok teh kapur sirih. Penumbukan di lakukan sampai ramuan menjadi adonan, seperti bubur kent6al. Terakhir oleskan ramuan pada tangan dan kaki yang kudisan.
  • Gatal

cuci daun biduri sampai bersih, lalu oleskan minyak kelapa di bagian permukaannya dan layukan di atas api. lalu oleskan pada bagian yang gatal.

Catatan
  • Getah tumbuhan biduri beracun. Karena getahya terdapat pada semua bagian tumbuhan maka dosis yang berlebihan dapat menimbulkan tanda- tanda keracunan.
  • Di india dosis yang di gunakan cukup besar, yaitu ,25-3,9 gram untuk khasiat emetik, sifilis sekunder, gangguan apasmodik,leukoderma,lepra,dan rematik kronis.Akar yang di bakar, lalu di tambah minyak, dapat di gunakan untuk memoles kelainan kulit, seperti sifilis dan lepra. Jika kulit akar yang di tumbuk halus dan di tambah dengan cuka beras, akan membentuk adonan, seperti bubur kental. Adonan adonan ini bisa di oleskan pada kaki yang bengkak karena penyakit kaki gajah, yang di serati bengkak pada kantung zakar.
  • Ibu hamil dilarang meminum ekstrak tumbuhan ini karena dapat menyebabkan keguguran.
WARNING..!!
Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan dalam proses pembuatan obat alami ini.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca.Terima kasih atas kunjunganya jangan lupa komentarnya seputar artikel ini. baca juga artikel pengobatan lainya di SINI.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Tumbuhan Biduri "

Posting Komentar